Hubungan Sosial Mahasiswa Papua dengan Mahasiswa Non Papua di Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya

Main Article Content

Ahmad Doni Yolanda
Tri Agus Susanto
Mery Yanti

Abstract

Hubungan sosial terjadi antara mahasiswa Papua dengan mahasiswa non Papua yang sama-sama sedang menempuh pendidikan di Universitas Sriwijaya kampus Indralaya. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Papua dan mahasiswa non- Papua Universitas Sriwijaya yang memenuhi kriteria informan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai hubungan sosial mahasiswa Papua dengan mahasiswa non Papua di Universitas Sriwijaya kampus Indralaya dengan melihat bentuk-bentuk hubungan sosial serta faktor pendorong dan penghambat hubungan sosial. Konsep yang digunakan untuk mengkaji permasalahan mengenai hubungan sosial ini adalah konsep hubungan sosial dari Wardiyatmoko. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mahasiswa Papua dan mahasiswa non Papua yang menjadi informan utama serta penjaga asrama mahasiswi yang menjadi informan pendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara semi struktur kepada informan utama dan informan pendukung, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan sosial asosiatif dalam bentuk kerjasama terjadi dalam kegiatan berupa kerja kelompok dan aksi solidaritas penggalangan dana. Akomodasi terjadi dalam bentuk toleransi dalam bidang keagamaan, diskusi untuk meredakan ketegangan, dan kompromi saat mengerjakan tugas kelompok yang dilakukan oleh mahasiswa Papua dan mahasiswa non Papua. Kemudian hubungan sosial disosiatif terjadi dalam bentuk kontravensi yang berupa ejekan dan sindiran yang sering diterima oleh mahasiswa Papua. Faktor pendorong hubungan sosial mahasiswa Papua dengan mahasiswa non Papua adalah kesadaran bahwa mereka sedang menempuh pendidikan, untuk menjaga rasa aman, menambah relasi pertemanan, dan keperdulian. Sedangkan faktor penghambat hubungan sosial mahasiswa Papua dengan mahasiswa non Papua adalah kesulitan adaptasi, sifat mahasiswa Papua yang cenderung tertutup, dan prasangka negatif yang sering muncul.Kata kunci: Hubungan Sosial, Mahasiswa Papua, Universitas Sriwijaya.

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bugin, Burhan.2012.Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: CV Alfabeta.

Cresswell, John W. 2016. Research Desaign Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya Offset.

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Graffindo Persada.

Suyanto, Bagong dan Sutinah. 2010. Metode Penelitian Sosial; Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencan Prenada Group.

Fihayati, Eka.2014.Analisis Pemahaman Dan Sikap Siswa Terhadap Hubungan Sosial Siswa Berbeda Budaya Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2013/2104.Universitas Lampung.Fakultas KIP

Haba, J. Etnisitas, Hubungan Sosial Dan Konflik Di Kalimantan Barat. Jurnal Masyarakat & Budaya>Volume 14, No. 1 (2012) Hidayat, Y. Hubungan Sosial Antara Etnis Banjar Dan Etnis Madura

Di Kota Banjarmasin. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture Komunitas 5 (1) (2013).

Http://bapsi.unsri.ac.id, diakses pada tanggal 21 Agustus 2020.

Http://www.unsri.ac.id, diakses pada tanggal 15 Agustus 2020.

Lagu, Marselina. Komunikasi Antarbudaya Di Kalangan Mahasiswa Etnik Papua Dan Etnik Manado Di Universitas Sam Ratulangi Manado. e-journal “Acta Diurna†>Volume V. No.3. (2016).

Lastiru, Natalia, dkk. Interaksi Sosial Mahasiswa Papua dengan

Berbagai Mahasiswa Etnik Lain Dirusunawa Untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa> Vol 5, No 5 (2016). Manurung, Monica, M. dkk. Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi >Vol. 1 No. 1 (2017).

Muslim, A. Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam Volume 1 Nomor 3 (2013).

Pardosi, Hajiah, dkk. Pola Interaksi Sosial Mahasiswa Luar Aceh Dan Mahasiswa Aceh Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah>Volume 3, Nomor 1 (2018).

Rundengan, Nabella. Journal. Pola Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Papua Di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Acta Diurna>Vol. II No. I (2013).

Ulan, Klaudia. Prasangka Mahasiswa Papua Pada Etnis Jawa Di Kota Malang. Jurnal Mediapsi>Vol. 2, No. 1, (2016).

Utami, Hidayati, dkk. Analisis Model Komunikasi Antarbudaya: Studi Kasus Komunikasi Mahasiswa Papua Dan Jawa Di Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis>Vol 8, No 1 (2014)

Wijanarko, Eri. Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. Jurnal Psikologi: Teori & Terap An>Vol. 3, No. 2, (2013) .