Pengaruh Intensitas Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z (Studi Di Desa Batu Ampar Baru Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Main Article Content

Uni Charla
Gita Isyanawulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh penggunaan fitur TikTok shop terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif. Teori uses and effect dari Sven Windahl (1979) ialah teori yang digunakan dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa kebutuhan hanya salah-satu dari faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penggunaan media. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan menyebar kuesioner penelitian kepada 80 informan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang positif serta signifikansi antara intensitas penggunaan fitur TikTok shop terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z dengan hasil uji hipotesis Pearson Product Moment (rhitung) sebesar 0,500 yang lebih besar dari rtabel (0,220) dengan signifikansi 0,05 dan hasil nilai thitung > ttabel atau 5,099 > 1,990. Kemudian diketahui persentase besaran pengaruh intensitas pengunaan fitur TikTok terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z yaitu dengan menghitung koefisien determinasi (R2) yaitu memperoleh hasil sebesar 25% yang dapat diartikan bahwa 25% perilaku konsumtif ditentukan oleh besarnya intensitas penggunaan fitur TikTok shop dan 75% ditentukan oleh faktor lainnya.

Article Details

Section
Articles

References

Adjar.id. (2022). Apa Pengertian Sandang, Pangan, dan Papan sebagai Kebutuhan? https://adjar.grid.id/read/543233023/apa-pengertian-sandang-pangan-dan-papan-sebagai-kebutuhan?page=all

Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Dataindonesia.id. (2022). Pengguna TikTok di Dunia Hampir 1,4 Miliar pada Kuartal I/2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-di-dunia-hampir-14-miliar-pada-kuartal-i2022

Dewi, C. M., Putri, A. S., Nugraha, M. P. Z., & Bil Haq, A. H. (2021). Kepercayaan diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi: Studi Korelasi. Fenomena, 29(2). https://doi.org/10.30996/fn.v29i2.4653

Gani, A. G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2).

Kemp, S. (2022). Digital Indonesia February 2022. https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf

Kompasiana.com. (2022). Tiktok: Bertransformasi Menjadi E-Commerce Menyaingi Situs Belanja Online Lainnya? Dan Kelebihan yang Dimilikinya. https://www.kompasiana.com/irdawati07979/634d0fefa65da8719d62d943/tiktok-bertransformasi-menjadi-e-commerce-menyaingi-situs-belanja-online-lainnya-dan-kelebihan-yang-dimilikinya?page=2&page_images=1

Kumparan.com. (2022). Perilaku Konsumtif dan Efek Bandwagon di Kalangan Generasi Z. https://kumparan.com/dephiliadeki/perilaku-konsumtif-dan-efek-bandwagon-di-kalangan-generasi-z-1y6TTjAiEtE/full

Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1), 100–107.

Pusvitasari, Y. R. (2022). Analisis Penggunaan Fitur TikTok Shop Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. UIN Salatiga.

Raharja, A. D. B. (2022). Apa itu TikTok Shop? Ini informasi terlengkap beserta cara optimasi dan penggunaannya. https://www.ekrut.com/media/tiktok-shop

Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, B. (2020). Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu. https://teknoia.com/perkembangan-media-sosial-inspirasi-marketing-3179f5a0c282

Sari, F. M. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumartono, S. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.

Suratnoaji, C., Nurhadi, N., & Candrasari, Y. (2019). Metode Analisis Media Sosial Berbasis Big Data. Sasanti Institute.

Tasruddin, R. (2017). Tren Periklanan di Media Sosial. Jurnal Komodifikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).

Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit NEM.

Wijaya, N., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267–276. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10171

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 Penulis. In Pena Persada Redaksi (Issue July). CV. Pena Persada.

Zakawali, M. B., & Hudaidah, H. (2022). Masuk dan Berkembangnya Islam di Makassar. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 7(1), 97–101. http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v7i1.4465