Pengaruh Intensitas Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z (Studi Di Desa Batu Ampar Baru Kabupaten Ogan Komering Ilir)
Abstract: 1084 / Abstract: 435
DOI:
https://doi.org/10.47753/je.v8i1.133Keywords:
Intensitas, Fitur TikTok Shop, Perilaku Konsumtif, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh penggunaan fitur TikTok shop terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian asosiatif. Teori uses and effect dari Sven Windahl (1979) ialah teori yang digunakan dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa kebutuhan hanya salah-satu dari faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penggunaan media. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan menyebar kuesioner penelitian kepada 80 informan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang positif serta signifikansi antara intensitas penggunaan fitur TikTok shop terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z dengan hasil uji hipotesis Pearson Product Moment (rhitung) sebesar 0,500 yang lebih besar dari rtabel (0,220) dengan signifikansi 0,05 dan hasil nilai thitung > ttabel atau 5,099 > 1,990. Kemudian diketahui persentase besaran pengaruh intensitas pengunaan fitur TikTok terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z yaitu dengan menghitung koefisien determinasi (R2) yaitu memperoleh hasil sebesar 25% yang dapat diartikan bahwa 25% perilaku konsumtif ditentukan oleh besarnya intensitas penggunaan fitur TikTok shop dan 75% ditentukan oleh faktor lainnya.References
Adjar.id. (2022). Apa Pengertian Sandang, Pangan, dan Papan sebagai Kebutuhan? https://adjar.grid.id/read/543233023/apa-pengertian-sandang-pangan-dan-papan-sebagai-kebutuhan?page=all
Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.
Dataindonesia.id. (2022). Pengguna TikTok di Dunia Hampir 1,4 Miliar pada Kuartal I/2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-di-dunia-hampir-14-miliar-pada-kuartal-i2022
Dewi, C. M., Putri, A. S., Nugraha, M. P. Z., & Bil Haq, A. H. (2021). Kepercayaan diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi: Studi Korelasi. Fenomena, 29(2). https://doi.org/10.30996/fn.v29i2.4653
Gani, A. G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2).
Kemp, S. (2022). Digital Indonesia February 2022. https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf
Kompasiana.com. (2022). Tiktok: Bertransformasi Menjadi E-Commerce Menyaingi Situs Belanja Online Lainnya? Dan Kelebihan yang Dimilikinya. https://www.kompasiana.com/irdawati07979/634d0fefa65da8719d62d943/tiktok-bertransformasi-menjadi-e-commerce-menyaingi-situs-belanja-online-lainnya-dan-kelebihan-yang-dimilikinya?page=2&page_images=1
Kumparan.com. (2022). Perilaku Konsumtif dan Efek Bandwagon di Kalangan Generasi Z. https://kumparan.com/dephiliadeki/perilaku-konsumtif-dan-efek-bandwagon-di-kalangan-generasi-z-1y6TTjAiEtE/full
Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1), 100–107.
Pusvitasari, Y. R. (2022). Analisis Penggunaan Fitur TikTok Shop Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. UIN Salatiga.
Raharja, A. D. B. (2022). Apa itu TikTok Shop? Ini informasi terlengkap beserta cara optimasi dan penggunaannya. https://www.ekrut.com/media/tiktok-shop
Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, B. (2020). Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu. https://teknoia.com/perkembangan-media-sosial-inspirasi-marketing-3179f5a0c282
Sari, F. M. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumartono, S. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.
Suratnoaji, C., Nurhadi, N., & Candrasari, Y. (2019). Metode Analisis Media Sosial Berbasis Big Data. Sasanti Institute.
Tasruddin, R. (2017). Tren Periklanan di Media Sosial. Jurnal Komodifikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit NEM.
Wijaya, N., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267–276. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10171
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 Penulis. In Pena Persada Redaksi (Issue July). CV. Pena Persada.
Zakawali, M. B., & Hudaidah, H. (2022). Masuk dan Berkembangnya Islam di Makassar. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 7(1), 97–101. http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v7i1.4465
Downloads
Published
Issue
Section
License
Articles published in Jurnal Empirika are licensed under the International License of Creative Commons Allowance-ShareAlike 4.0. The author is free to use any media to copy, change, or redistribute the paper, provided the author gives credit to the original author and this journal, links to the license, shows if modifications have been made, and redistributes it in the same permission. The author grants the right to any third party to use their posts following the Creative Commons Attribution-Share Alike International 4.0.