Pengaruh Intensitas Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z (Studi Di Desa Batu Ampar Baru Kabupaten Ogan Komering Ilir)
Main Article Content
Abstract
Article Details
Articles published in Jurnal Empirika are licensed under the International License of Creative Commons Allowance-ShareAlike 4.0. The author is free to use any media to copy, change, or redistribute the paper, provided the author gives credit to the original author and this journal, links to the license, shows if modifications have been made, and redistributes it in the same permission. The author grants the right to any third party to use their posts following the Creative Commons Attribution-Share Alike International 4.0.
References
Adjar.id. (2022). Apa Pengertian Sandang, Pangan, dan Papan sebagai Kebutuhan? https://adjar.grid.id/read/543233023/apa-pengertian-sandang-pangan-dan-papan-sebagai-kebutuhan?page=all
Ardianto, E. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.
Dataindonesia.id. (2022). Pengguna TikTok di Dunia Hampir 1,4 Miliar pada Kuartal I/2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-di-dunia-hampir-14-miliar-pada-kuartal-i2022
Dewi, C. M., Putri, A. S., Nugraha, M. P. Z., & Bil Haq, A. H. (2021). Kepercayaan diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi: Studi Korelasi. Fenomena, 29(2). https://doi.org/10.30996/fn.v29i2.4653
Gani, A. G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2).
Kemp, S. (2022). Digital Indonesia February 2022. https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf
Kompasiana.com. (2022). Tiktok: Bertransformasi Menjadi E-Commerce Menyaingi Situs Belanja Online Lainnya? Dan Kelebihan yang Dimilikinya. https://www.kompasiana.com/irdawati07979/634d0fefa65da8719d62d943/tiktok-bertransformasi-menjadi-e-commerce-menyaingi-situs-belanja-online-lainnya-dan-kelebihan-yang-dimilikinya?page=2&page_images=1
Kumparan.com. (2022). Perilaku Konsumtif dan Efek Bandwagon di Kalangan Generasi Z. https://kumparan.com/dephiliadeki/perilaku-konsumtif-dan-efek-bandwagon-di-kalangan-generasi-z-1y6TTjAiEtE/full
Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1), 100–107.
Pusvitasari, Y. R. (2022). Analisis Penggunaan Fitur TikTok Shop Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. UIN Salatiga.
Raharja, A. D. B. (2022). Apa itu TikTok Shop? Ini informasi terlengkap beserta cara optimasi dan penggunaannya. https://www.ekrut.com/media/tiktok-shop
Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, B. (2020). Perkembangan Media Sosial yang Bisa Jadi Inspirasi Marketing Bisnismu. https://teknoia.com/perkembangan-media-sosial-inspirasi-marketing-3179f5a0c282
Sari, F. M. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumartono, S. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.
Suratnoaji, C., Nurhadi, N., & Candrasari, Y. (2019). Metode Analisis Media Sosial Berbasis Big Data. Sasanti Institute.
Tasruddin, R. (2017). Tren Periklanan di Media Sosial. Jurnal Komodifikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit NEM.
Wijaya, N., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267–276. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10171
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 Penulis. In Pena Persada Redaksi (Issue July). CV. Pena Persada.
Zakawali, M. B., & Hudaidah, H. (2022). Masuk dan Berkembangnya Islam di Makassar. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 7(1), 97–101. http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v7i1.4465