Tranformasi Pengobatan Oukup Rando sebagai Bentuk Eksistensi Sosial Pengobatan Tradisional Suku Batak Karo di Era Modern

Main Article Content

Lidya Angeliani Kaban

Abstract

Oukup merupakan pengobatan tradisional suku batak Karo dengan menggunakan teknik   penguapan dari rebusan air yang berisikan rempah-rempah alami. Dengan berbagai jenis penyakit dapat disembuhkan melalui pengobatan oukup. Maka dari itu oukup sampai saat ini masih terus berkembang dan diminati dari berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui eksistensi sosial oukup pengobatan tradisional suku batak Karo di era modernisasi. (2) Untuk mengetahui faktor yang membuat oukup adasampai saat ini. (3) Untuk mengetahui strategi dalam mempertahankan eksistensi sosial oukup di era modernisasi seperti ini. Metode penelitian menggunakan kualitatif bersifat deskriftif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 10 informan dengan kategori 1 pendiri usaha rumahan oukup Rando, 3 karyawan oukup dan 6 pengguna oukup. Penelitian ini penting untuk dilakukan agar dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait oukup sebagai pengobatan tradisional suku batak Karo dalam mempertahankan eksistensi sosialnya di era modernisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi sosial obat tradisional yang memadai bagi masyarakat batak karo masih tetap eksis di tengah persaingan obat  modern. Ada beberapa faktor yang menyebabkan oukup masih ada sampai saat ini, yaitu didukung dengan modal sosial. Faktor lainnya seperti warisan leluhur, pertimbangan ekonomis, faktor sosial yang menyebarkan informasi dari satu orang ke orang lain, peran media massa, pengobatan tradisi alternatif untuk kesehatan, dan strategi dalam mempertahankan oukup.

Article Details

Section
Articles

References

Ayyuh, A., Dirman, L. O., & Suraya, R. S. (2021). Tradisi Pengobatan Sapulei Pada Masyarakat Desa Gunung Sejuk: Kajian Bentuk, Fungsi, Dan Eksistensi Pengobatan. LISANI: Jurnal Kelisanan Sastra Dan Budaya, 4(1), 1–8.

Bourdieu, P. (1972). Outline of a Theory of Practice. Cambridge University Press.

Coleman, J. S. (1988). Social Capital in the Creation of Human Capital. American Journal of Sociology, 94, S95–S120.

Dagun, S. M. (1990). Filsafat Eksistensialisme. Rineka Cipta.

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Erlangga.

Ginting, M. (2010). Meningkatkan Kesehatan Masyarakat melalui “Oukup” Pengobatan Tradisional Karo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 16(59), 20–24.

Harmida, H., Sarno, S., & Yuni, V. F. (2011). Studi Etnofitomedika di Desa Lawang Agung Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. JPS: Jurnal Penelitian Sains, 14(1), 42–46. https://doi.org/10.56064/jps.v14i1.126

Kartika, S. A. (2012). Eksistensi Jamu Cekok di Tengah Perubahan Sosial (Studi di Kampung Dipowinatan, Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemenkes RI. (2018). RISKESDAS 2018. Kementerian Kesehatan.

Moleong, J. L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukherjee, P. K., Sahoo, A. K., Narayanan, N., Kumar, N. S., & Ponnusankar, S. (2009). Lead finding from medical plants with hepatoprotective petentials. Expert Opinion on Drug Discovery, 9, 545–576.

Nasrudin, J. (2019). Refleksi Perilaku Keberagamaan dalam Sistem Pengobatan Tradisional Pada Masyarakat Perdesaan (Penelitian terhadap Eksistensi Sistem Pengobatan Tradisional Masyarakat Perdesaan di Wilayah Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut). UIN Sunan Gunung Djati.

Purnama, A. (2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Perilaku Masyarakat untuk Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Mata. Universitas Diponegoro.

Putnam, R. D. (1993). What makes democracy work? Spring, 82(2), 101–107. https://doi.org/10.1002/ncr.4100820204

Putra, I. G. B. A., & Suwena, I. W. (2017). Eksistensi Balian UsadaDalam Pengobatan Pada Masyarakat Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli. Jurnal Humanis, 20(1), 1–9.

Sairin, S. (2002). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Pustaka Pelajar.

Siam, A. P. (2020). Eksistensi pedagang jajanan tradisional di Pasar Blauran Surabaya: Dalam tinjauan teori modal sosial Robert D. Putnam. UIN Sunan Ampel.

Simarmata, T., & Sembiring, F. A. (2015). Oukup sebagai Pengobatan Tradisional Studi Antropologi Kesehatan pada Masyarakat Karo. ANTRHOPOS: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 1(1), 34–41.

Zainal, A. (2007). Analisis Eksistensial. Raja Grafindo Persada.