NEW ROLE MODEL IN NATIONALISTIC (Kajian Artis sebagai Model Baru Bela Negara pada Masyarakat Digital)

Main Article Content

Sindi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keberadaan fenomena seniman menjadi model bela negara. berbagai faktor yang melatarbelakangi turunnya nasionalisme masyarakat digital, salah satunya adalah globalisasi dan kemajuan teknologi yang membuat masyarakat digital terpengaruh oleh budaya asing. Kesadaran bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara menurut pasal 27 ayat 3 namun belum sepenuhnya diwujudkan oleh warga negara. dalam bela negara dapat dilakukan dengan cara yang sederhana tanpa harus menggunakan senjata seperti pada masa penjajahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar warga negara sadar akan pentingnya memiliki nasionalisme dan juga kesadaran bela negara. Berbagai faktor juga dikatakan mampu meningkatkan nasionalisme warga, seperti toleransi, kesadaran akan keragaman budaya yang dimiliki Indonesia, serta melalui siaran olahraga internasional yang diikuti oleh Indonesia. Salah satu upaya yang lahir untuk menanamkan kesadaran bela negara adalah dengan menghadirkan model baru dalam bela negara. Melalui program Ngopi Daring Bela Negara merupakan terobosan baru untuk memulai trend baru. Dengan adanya tren baru ini diharapkan dapat meningkatkan nasionalisme dan kesadaran bela negara bagi warga negara.

Article Details

Section
Articles

References

Bogdan, B., & Taylor, T. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Allyn and Bacon.

Brasel, S. A., & Gips, J. (2011). Media multitasking behavior: Concurrent television and computer usage. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 14(9), 527–534. https://doi.org/10.1089/cyber.2010.0350

Crabb, T., & Segal, D. (2015). Military Sociology in: Encyclopedia of Public Administration and Public Policy. Taylor and Francis.

Creswell, J. W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar.

Moleong, J. L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Pertiwi, A. D. (2019). Representasi Kepercayaan Masyarakat Jawa dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basal (Kajian Interpretatif Simbolik Clifford Geertz). Jurnal Sapala, 5(1).

Shrimp, T. (2010). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga.

Sudikan, S. Y. (2007). Antropologi Sastra. Unesa University Press.