Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prososial Pada Mahasiswa/i Universitas Sriwijaya

Main Article Content

Putri Aulia Hasanah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prososial Pada Mahasiswa/i Universitas Sriwijaya†dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 34.164 mahasiswa Universitas Sriwijaya yang sedang menempuh pendidikan S1 dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa yang di dapatkan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode kuesioner yang menggunakan skala likert dengan lima kriteria jawaban. Hasil penelitian menuunjukkan bahwa intensitas penggunaan smartphone memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku prososial pada mahasiswa Unsri, yang ditunjukkan dari uji product moment pearson diperoleh r hitung sebesar 0,282 > 0,195 (r tabel) dan uji koefisien determinasi menunjukkan besaran pengaruh dari intensitas penggunaan smartphone terhadap perilaku prososial pada mahasiswa/i Unsri hanya 7,9 % sedangkan 92,1 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Article Details

Section
Articles

References

Almanhettami, A. O. (2017). Hubungan antara intensitas penggunaan Smartphone dan motivasi berprestasi. Universitas Sanata Dharma.

Atmaji, A. D. (2015). Pengaruh Motivasi, Intensitas, dan Minat Penggunaan Komputer sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Multimedia pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bungin, B. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dayakisni, T., & Hudaniah, H. (2015). Psikologi Sosial. UMM Press.

Dhananjaya, A. (2017). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Berita/Informasi di Televisi terhadap Perilaku Prososial Remaja. Universitas Muhammadiyah Malang.

Fajrin, O. R. (2015). Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget dan Eksistensi Permainan Tradisional pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 2(6), 1–33.

Imron, R. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148–154. http://dx.doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922

Jamun, Y. M., Wejang, H. E. A., & Ngalu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7.

Manguma, S. N., Nadeak, B., & Simbolon, B. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak pada Siswa Kelas III SDN No.101 Makale 4 Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13129–13138.

Munisa, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Pancabudi, 13(1), 102–114.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal, 4(1), 31–47.

Pratiwi, A. M. S., & Amini, S. (2018). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Perilaku Prososial Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rohana, F., & Hartini, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah di SDN 02 Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 9(2), 137–145. https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.594

Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Kencana Prenada Media.

Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Syukri, M. U., & Logahan, J. M. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja Karang Taruna Kelurahan Karet Kuningan. Jurnal Sistem Informasi, 1(2), 25–32.

Trifiana, R. (2015). Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Perilaku Prososial Remaja Pengguna Gadget di SMP N 2 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 1–13.

Yuni, R. S. P., & Pierewan, A. C. (2017). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Disiplin Belajar Siswa. E-Societas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 1–16.